Cah Kla-X

Berjuang hingga akhir…

Home Industry – Mbah Sragen

on September 26, 2009

Bismillahirrahmanirrahim

Hari Kamis, 24 Sept 2009, aq dan keluarga bersilaturahmi ke budhenya bue (kakak mbah putriku) di Sragen – Mbah Sragen. Sudah lama (skian tahun) aq ngga ksana, secara aq ni anaq koz yang skalinya mudik seneng banget ngendon di rumah. Disana aq bersilaturahmi dengan pakdhe, budhe2, dan sodara2 q laenny. Budhe Mrajak, budhe renuk, pakdhe bandhi, ama cucu2ny. Lha mbah Soma mana? Yah simbah dah brangkat ke pasar Sragen… Lho mana home industry ny???

Mbah Soma, Di usia mudany, merantau ke Sragen (aslinya Klaten). Saat ini usia beliau diperkirakan lebih dari 80tahun. Simbah bikin jenang ayu, trasikan, jadah, dan wajik. Makanan tradisional daerah kami. Subhanallah, dari hasil usaha tersebut, simbah mampu membeli tanah di Sragen yang kini ditempati oleh ketiga anaknya, dan sekarang sudah dbangun 3 rumah. Simbah juga punya kios di pasar Sragen lho. Skrang juga produksi lawuh : ayam, tempe bacem, dan tahu bacem.

home industri mbah sragen

home industri mbah sragen

Dan kata bue (panggilan sayangku ke ibu ku) ada satu bangunan khusus yang mjd tempat produksi makanan tersebut. Dan bangunan tersebut masih ada, ya seperti doeloe. Masi pake gedheg (dinding anyaman bambu). Untuk masak masih pake keren dgn bahan bakar kayu.
Benar2 industri rumah tangga skala besar. Seluruh keluarga, anak dan para menantunya saling membantu mengerjakan usaha tersebut. Apalagi selama puasa dan lebaran kemarin, alhamdulillah omzet meningkat berlipat-lipat. Subhanallah, senangnya aq. Mbahku kaya, keluargany rukun, menyenangkan sekali sambutan mereka kemarin. Meski skian lama tak bsua tetep akrab yang tak dibuat-buat. Alhamdulillah.

Oya kami bhasil bsilaturahmi dengan simbah di pasar Sragen. Ketemu Simbah mb yuni, trus budhe dewi, dan tmenny mbak q yg ngirain aq adl mbak q. Mau maen k Sragen lagi ah…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: