Cah Kla-X

Berjuang hingga akhir…

Missing Link

on February 8, 2010

Bismillahirrahmanirrahim
Apa yang Anda lakukan ketika apa yang Anda kerjakan tidak sesuai dengan apa yang seharusnya dilakukan. Tetapi ketika Anda menyadari bahwa yang Anda kerjakan tidak tepat, kondisi Anda sudah letih mengerjakan apa yang harus dikerjakan?
Hari ini aku mendapat sedikit pemahaman lagi mengenai makna konseptual. Model konseptual penerimaan teknologi, memuat konsep atas faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan teknologi dalam sebuah organisasi. Tentu saja dalam hal ini, teknologi apa yang diuji telah dispesifikasikan jenis atau aplikasinya.
Kemudian, berkaitan dengan apa yang aku kerjakan, Model konseptual penilaian kesiapan KM, analogi dengan model konseptual penerimaan teknologi, seharusnya model tersebut memuat faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan KM dalam sebuah organisasi. Dan seharusnya spesifik berkenaan dengan KM yang mana nih. Aku baru mulai menyadari terdapat beberapa permasalahan atau pemahaman yang salah dariku mengenai apa yang aku kembangkan.
Saat ini aku mengembangkan sebuah model penilaian kesiapan KM yang mengacu pada model yang dikembangkan oleh Jalaldeen. Model yang dikembangkan memuat faktor organisasi dan faktor individu yang berpengaruh terhadap kesiapan KM. Lebih lengkapnya Jalaldeen menyebut kesiapan untuk adopsi proses KM, dimana kesiapan disini diartikan sikap reseptif untuk adopsi proses KM. Sedangkan aku memahaminya dengan kesiapan untuk menerapkan KM. Wuih, bpeluh-peluh nih.
Aku tidak menspesifikasikan implementasi KM seperti apa dalam penelitianku, tetapi hanya secara umum bertanya pada responden tentang persepsi manfaat yang bisa diperoleh dengan menerapkan KM dan persepsi kemudahan menerapkan KM. Nah, disini aku agak bahkan sangat kebingungan menterjemahkan. Karena aku ngga menspesifikasikan KM yang mana ato yang bagaimana dalam penelitianku. Hanya saja aku sedikit memberi penjelasan pada responden mengenai apa itu KM dan wujud implementasi KM. He2 meski penjelasanku mungkin sedikit dan belum pas.
Hanya saja saat ini aku berada di keletihan yang sangat mengerjakan penelitianku. Aku berharap usulan konsepku bisa diterima oleh pembimbing, dan tentu saja oleh para pengujiku. Pak Pembimbing dan Bapak/Ibu Penguji, diharap kemaklumannya ya . Mengingat kemampuan saya dalam memahami konsep masih lemah, semoga apa yang saya teliti bisadiperbaiki dikemudian hari. Semoga budaya “Learning from failure” berlaku.
Berharap bisa menyelesaikan draf secepatnya. Dalam proses pemantaban. Berusaha mengerjakan dengan jujur, meski banyak konsep yang masih ragu mengenai benar dan salahnya, bahkan cenderung salah . Ngga apa2 ya untuk sekarang, pendidikan adalah proses pembelajaranku. Aku dapat banyak hal dalam proses penelitianku. Smoga segera sidang n LULUS. Amin

Leave a Reply

